Belajar Public Speaking di Toastmasters

2
708

Public Speaking merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap orang. Apapun posisi dan kedudukan Anda dalam sebuah organisasi, Anda perlu menyampaikan ide, gagasan dan pembicaraan di depan umum. Namun, tidak semua orang  memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik, apalagi jika harus berbicara dalam bahasa Inggris. Menurut admin, kemampuan ini bukan sesuatu yang mustahil untuk didapatkan. Dengan latihan dan pengalaman yang memadai, setiap orang dapat berbicara di depan umum dengan bahasa asing. Jika kita berlatih bersama dengan banyak orang, hasilnya tentu akan lebih signifikan, lebih dari itu, jaringan pertemanan yang luas pun juga bisa didapatkan.

Tempat yang paling tepat untuk memperoleh itu semua adalah organisasi bernama Toastmasters

Apa itu Toastmasters?

Toastmasters adalah sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang komunikasi dan kepemimpinan. Toastmasters didirikan oleh Ralph C. Smedley di Santa Ana, California pada tahun 1924. Saat ini organisasi ini telah berkembang di 126 negara dengan jumlah member sekitar 313.000 orang.

Dalam setiap pertemuan Toastmasters, sekitar 20 orang akan berkumpul dan berlatih untuk memberikan pidato atau presentasi. Member akan mempersiapkan sebuah pidato / presentasi singkat dengan durasi 5 – 7 menit, nantinya akan ada member lain (biasanya yang lebih senior) yang memberikan evaluasi. Selain sesi presentasi yang sudah dipersiapkan [Prepared Speech Session), ada juga sesi lain yang tidak kalah serunya yaitu Table Topic Session. Ini adalah sebuah sesi dimana kita berlatih untuk berbicara secara impromtu / tanpa persiapan. Anda akan maju ke depan, diberi pertanyaan dan harus memberikan jawaban berupa pidato singkat berdurasi 1 – 2 menit.

Selain bidang komunikasi, banyak juga yang bisa dipelajari tentang kepemimpinan. Di Toastmasters anda bisa mengajukan diri secara sukarela untuk menjadi pengurus klub. Di sini anda akan belajar banyak bagaimana mengorganisasi pertemuan yang ekeftif dan efisien,  mengelola klub dan mencapai tujuan bersama. Bahkan jika anda tertarik, anda bisa lanjut untuk jenjang yang lebih tinggi lagi sampai menjadi leader level internasional.

Jadi di Toastmasters ini tidak ada guru, dosen atau pengajarnya, sistemnya adalah sebuah klub. Di sinilah tempat teman membantu teman untuk bersama-sama mengembangkan diri bersama-sama.

“Toastmasters is a place where friends helping friends to achieve greatness together”
– Dunstan Chan –

Kira-kira seperti itulah gambaran singkat mengenai Toastmasters

Mengapa Saya Harus Bergabung?

Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Sebagai tempat berlatih public speaking
    Menemukan tempat berlatih public speaking, baik itu berupa pidato, storytelling maupun presentasi seringkali tidak mudah. Selain itu, cukup sulit untuk mendapatkan sekelompok orang yang bersedia untuk mendengarkan dan menilai presentasi anda tanpa alasan yang jelas. Anda butuh tempat untuk berlatih, dan Toastmasters menyediakannya.
  2. Belajar berbahasa inggris dengan baik dan benar
    Walaupun tidak semuanya, tetapi hampir semua klub Toastmasters menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, sehingga member juga memanfaatkannya sebagai tempat untuk mempraktekkan bahasa inggris mereka. Di akhir pertemuan akan ada evaluasi dari seorang yang bertugas sebagai Tata Bahasa atau Grammarian yang akan mengoreksi kesalahan bahasa yang terjadi saat ada member yang berbicara di depan,
  3. Lingkungan yang sangat positif
    Member di Toastmasters adalah orang-orang paling positif yang pernah saya lihat. Mereka datang karena ingin belajar dan mengembangkan diri. Mereka akan mendengarkan presentasi anda dengan antusias dan mendorong anda untuk maju. Anda tentunya membutuhkan lingkungan seperti ini untuk bisa maju dan berkembang.
  4. Sarana untuk bertemu dengan orang-orang baru
    Disini anda akan bertemu dengan orang-orang yang mungkin belum pernah anda temui sebelumnya. Setiap orang memiliki segudang cerita dan pengalaman yang menarik untuk dibagikan. Anda tentu juga dapat berkenalan dengan para member untuk memperluas jaringan pertemanan anda. Dan mungkin anda juga bisa,, ehemm.. menemukan jodoh anda di sini 😀

Bagaimana Cara Untuk Bergabung?

Toastmasters Club banyak tersebar di kota-kota besar yang ada di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Jogjakarta, Bali dll). Jadi anda tinggal kunjungi saja di website Toastmasters International, kemudian scroll ke bawah sampai ada menu “find a club” untuk menemukan klub terdekat yang ada di kota anda.

Anda tinggal hubungi saja kontak yang tercantum di sana, tanyakan jadwal meeting terdekat dan anda bisa datang sebagai tamu atau guest. Silahkan saja lihat dan amati bagaimana program Toastmasters berjalan (mau datang sampai berkali-kali pun tetap boleh kok ?). Sebelum menjadi member saya sempat datang sebagai guest sebanyak 2X dan tidak dipermasalahkan. Jika merasa pas dengan keinginan dan kebutuhan anda, barulah anda bergabung sebagai member.

Ada Biayanya Tidak?

Walaupun ini organisasi non profit, tetap ada biaya untuk membership. Biaya ini untuk operasional klub dan manual book yang akan anda dapatkan. Biayanya adalah $20 untuk pendaftaran awal (sekali saja) dan iuran anggota $6 perbulan (dibayar 6 bulan ke depan).  Namun mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan tentu biaya sangatlah murah.

Saat ini admin merupakan new member yang bergabung di Lippo Karawaci Toastmasters CLub [ LKTC ]. Disini admin mendapatkan berbagai pengalaman yang menarik dan bertemu orang-orang yang luar biasa. Masih banyak hal yang akan dipelajari mengenai public speaking dan toastmasters, dan admin akan menikmati semua itu.


Source

Tribunnews   |   Presentasi   |   Davipranata   |   Wikipedia


2 COMMENTS

  1. Your writing reflects your enthusiasm on Toastmasters. Ulasan yang bagus dan mengena. Keep writing good-informative stuffs, Firman. Luv it…

Leave a Reply