Surya University Gelar ArTecne 2014

0
625

Dalam rangka memberikan pengetahuan & wawasan kepada pelajar dan guru sekolah menengah mengenai berbagai macam riset dalam dunia pendidikan, Surya University sebagai universitas berbasis Reserch dan Technology akan menyelenggarakan sebuah event bertajuk

“ Surya ArTecne I – Xplore the Future,  Surya University 2014 

Surya University mengundang teman-teman semua untuk datang ke acara Surya ArTecne 2014 yang akan diadakan di Kampus Surya University – Surya Research & Education Center – SDC.
Bagi teman-teman kelas XII yang sedang mencari program Beasiswa dan tertarik pada penelitian ilmiah, silahkan datang ke acara ArTecne yang akan dilaksanakan pada: 
Hari/tanggal : Senin – Sabtu, 18-23 Agustus 2014
Jam : 9.00 – 16.00 WIB

 

artecnre

 

Surya ArTecne 2014, diselenggarakan oleh Surya University,  universitas berbasis riset yang didirikan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.. Beliau adalah tokoh utama penggagas TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia) yang telah berhasil menjadikan Indonesia menyabet berbagai juara dunia dalam berbagai olimpiade sains internasional. Melalui berbagai kegiatan akademis dan non-akademis, Surya University bertekad menjadi pusat keunggulan dalam memajukan ilmu pengetahuan dan inovasi terdepan melalui riset.

ArTecne sendiri berasal dari bahasa Latin, Pada mulanya di zaman Yunani Kuno, ketika peradaban dunia di mulai, manusia tidak mengenal pemisahan antara teknologi dan seni. Asal mulanya teknik yang kemudian melahirkan teknologi, etimologinya berasal dari kata Yunani: τέχνη yaitu ‘techne’ yang mencerminkan implikasi pada prinsip-prinsip pengetahuan. Kemudian, ‘techne’ diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sebagai ‘Ars’, yang dikenal dalam dunia modern sebagai ‘Art’ atau dalam bahasa Indonesia artinya seni. Pada dasarnya, Ars dan Techne merupakan sebuah produksi pengetahuan atau penemuan-penemuan yang terlahir melalui pikiran dan tangan manusia. Untuk itulah pameran kali ini mengemukakan kembali ars dan techne sebagai ‘ArTechne’ sebuah perpaduan kembali invention dan innovation serta seni dan desain sebagai satu kesatuan yang utuh.

 DSC_0419   

Ketua Panitia Acara Surya ArTecne 2014 – Xplore The Future, Maydison C. Ginting menjelaskan, acara ini dilakukan untuk memperkenalkan Surya University (SU) sebagai kampus berbasis riset pertama di Indonesia yang didirikan oleh Prof. Yohanes Surya. Selain menjadi ajang untuk menunjukkan kepada khalayak ramai hasil penelitian mahasiswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pusat-pusat penelitian yang ada di Surya University beserta hasil riset yang telah berjalan atau dihasilkan oleh para ilmuwannya, memperagakan secara interaktif beberapa demo sains, memperagakan hasil-hasil riset kolaborasi dengan TNI AD, memperkenalkan semua program studi Surya University, dan memberikan informasi dalam bentuk seminar dan workshop dalam mengembangkan teknologi berbasis riset dan teknologi.

DSC_0315

Cukup banyak pusat penelitian  atau Center yang berpartisipasi dalam acara ini, antara lain adalah Center of Robotics dengan robot burung dan multirotornya, Center of Innovation Learning  yang mendemokan eksperimen sains, Center of Art and Community Management yang memamerkan perpaduan antara karya seni dan teknologi dan masih banyak lagi. Antusiasme yang ditunjukkan pengunjung pun cukup baik. Banyak pengunjung dari pelajar maupun umum yang tertarik pada hasil riset yang dipamerkan dan mencoba demo alat yang tersedia di booth masing-masing Center.

DSC_0467

Demo Senapan Laser Gun

DSC_0394

Pengunjung mencoba simulator SIM Mobil

Pada kesempatan ini, hadir pula Bupati Tangerang Bapak Ahmed Zaki Iskandar yang terlihat berkeliling dan berbincang-bincang dengan para ketua Center Riset di Universitas Surya. ZAki berharap berbagai kampus di Tangerang bisa membuat program reguler yang mengharuskan mahasiswa tingkat akhir turun ke masyarakat untuk mengedukasi mereka. Dia menyebut, dari 29 kecamatan, ada 24 kecamatan yang butuh perhatian cukup tinggi, seperti minimnya infrastruktur pendidikan. Hal ini pun menjadi potensi tersendiri. 

DSC_0447

Bupati Tangerang datang meninjau pameran

“Kami berharap, program-program yang dikeluarkan oleh Surya University, bisa diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat. Saya berharap, Surya University bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah,” bebernya.


Sumber

JPNN   |   Surya University   |   Okezone


 

Leave a Reply