Membuat Surat Sehat dan Bebas TBC di RS Tangerang

0
526

Surat Keterangan Sehat merupakan salah satu persyaratan utama dalam proses pengajuan lamaran kerja maupun beasiswa LPDP. Bersama dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba [SKBN] dan Surat Keterangan Bebas TBC, biasanya diminta untuk dibuat di Rumah Sakit milik Pemerintah. Bagi anda yang tinggal di daerah Tangerang dan Jakarta Selatan, anda dapat membuatnya di RS Kota Tangerang maupun di RSUD Fatmawati. Pada postingan kali ini akan dibahas cara pembuatan Surat Keterangan Berbadan Sehat, SKBN dan Bebas TBC di RS Kota Tangerang, sedangkan untuk cara pembuatan di akan dibahas di RSUD Fatmawati postingan ini

Membuat Surat Sehat di RS Kota Tangerang

Salah satu persyaratan dalam pendaftaran beasiswa LPDP adalah

Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah.

Admin memilih RS Kota Tangerang karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau. Rumah sakit ini berlokasi di Jl Sudirman – Tangerang, di seberang Mal TangCity. Berdasarkan pengalaman pribadi dan artikel yang admin telusuri di internet, proses pembuatannya cukup mudah dan hasilnya dapat diambil dalam waktu yang relatif singkat.

RSUD Kota Tangerang

Alamat: Perumahan Modernland, Jl. Pulau Putri Raya, Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Telp : (021) 29720202

Website : rsud.tangerangkota.go.id

 

Lokasi RSUD Tangerang di Google Maps

 

Prosedur Pembuatan Surat Keterangan Sehat

Datanglah pada pagi hari. Pendaftaran dibuka pukul 8 – 11 pagi. Usahakan tidak datang pada hari senin karena antriannya sangat panjang. Anda dapat memarkir kendaraan di belakang RS. Terdapat juga penitipan motor tidak resmi di depan RS, tapi cukup aman.

Masuklah melalui pintu depan, anda akan berada di lobby utama. Belok kanan menuju tempat pengambilan nomor. Antrilah dengan sabar, hormati orang lain yang sudah mengantri. Pada saat giliran anda, beri tahu penjaga mesin nomor bahwa anda akan membuat Surat Keterangan Sehat. Ambil nomor antrian dan silakan menunggu. Waktu tunggu cukup lama karena banyak orang yang ingin berobat di RS, jadi pastikan anda sudah sarapan sebelumnya. Jika ingin sarapan ada kantin di depan RS dan penitipan motor.

Setelah nomor anda dipanggil majulah ke Loket pendaftaran. Siapkan KTP asli anda. Beritahu petugas loket bahwa ingin membuat Surat Keterangan Sehat SKBN dan bebas TBC. Petugas akan memberikan form untuk pembuatan surat. Bawa surat tersebut ke Kasir, masuk ke pintu di sebelah kanan Loket, ikuti lorong sampai ada pintu kaca di sebelah kanan anda, lalu masuk lewat pintu tersebut. Lurus saja dan Kasir ada di sebelah kiri anda. Berikan form tadi dan KTP anda, lalu petugas akan menagih biaya pembuatan surat. Bayar dengan tunai (jangan ngutang plis), ada ATM di dekat Kasir jika anda tidak membawa uang cukup. Biayanya sekitar RP 262.000 per Juni 2016.

Selanjutnya anda akan diarahkan ke ruang Medical Check Up [MCU] di lt.4. Gunakan lift untuk pengunjung. Jika ingin berolahraga, silakan gunakan tangga untuk naik turun. Setelah sampai di ruang MCU, serahkan form anda ke petugas, kemudian tunggu giliran untuk cek tekanan darah dan berat badan dan tinggi badan. Usahakan untuk tidak begadang atau merokok beberapa hari sebelum MCU untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan.

Setelah selesai, anda akan diminta untuk ke Laboratorium untuk cek urine dan Radiologi untuk pengambilan Rontgen untuk melanjutkan prosedur. Kembali ke lantai 1, lewati Kasir, maka disebelah kiri anda akan ada  Laboratorium. Serahkan form anda, lalu tunggu giliran. Setelah nama anda dipanggil, ambil botol kontainer dan masuk ke kamar mandi yang disediakan. Masukkan urine di botol tersebut (hanya urine, jangan yang lain ya!), lalu serahkan kepada petugas. Kemudian bergegaslah ke Radiologi yang berada di seberangnya.

Di ruangan Raadiologi, serahkan form anda di Loket Pendaftaran Radiologi. Tunggulah dengan tenang. Setelah nama anda dipanggil, masuklah ke dalam ruangan untuk di rontgen. Suster akan meminta untuk membuka baju anda (secantik apapun susternya, jangan buka celana anda!). Ikuti semua prosedurnya lalu kembali menuju Kasir (pastikan baju anda sudah terpasang kembali).

Di Kasir, serahkan form anda, petugas akan memberikan form baru untuk pengambilan hasilnya. Jangan lupa untuk mengambil KTP di Kasir. Biasanya hasilnya akan selesai dalam waktu 3 hari.

Surat keterangan sehat

Ada 3 lembar yang didapat:
1. Surat Keterangan Berbadan Sehat
2. Surat Keterangan Bebas Narkoba
3. Surat Keterangan Bebas TBC
4. Hasil lab pengujian urin yang menunjukkan bebas narkoba
5. Hasil Rontgen

Source

Arklamasik


 

LEAVE A REPLY