Pembukaan Olimpiade Robotika SINDO 2015

2
9785

Olimpiade Robotika untuk kalangan pelajar tingkat SD dan SMP se Jabodetabek resmi digelar kemarin, pada Minggu 15 Agustus 2015 yang bertempat di Main Atrium Lotte Shopping Avenue Kuningan, Jakarta. Acara ini merupakan hasil kerjasama dari Koran Nasional Sindo dan portal berita online Sindonews.com dengan Robotic Explorer. Ajang ini digelar untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak dalam bidang robotika serta memberi semangat kepada generasi muda agar berprestasi dalam bidang sains dan teknologi.

Acara yang mengusung konsep ”Robot Helper Indonesia” ini mendapatkan respon yang positif dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Beliau mengatakan bahwa teknologi merupakan hal yang penting dan konsep ‘STEAM’ perlu digalakan, yaitu meliputi Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematics pada sambutannya dalam rangkaian acara pembukaan kemarin. Anies berharap ada kegiatan olimpiade-olimpiade sejenis ini di tempat lainnya guna memberikan dampak positif terhadap perkembangan teknologi robotika di Indonesia.

“Olimpiade ini merupakan eksperimen bagi anak-anak kita dan mudah-mudahan anak kita dapat mengambil hikmahnya dan menjadikan ini sebuah pengalaman untuk masa depan,” tambah Anies. Acara resmi dibuka oleh Robot Pemukul Gong yang dikendalikan oleh Anies. Selain itu, acara pembukaan ini juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dan Pemimpin Redaksi Sindonews Pung Purwanto.

Sementara, Direktur Robotic Explorer, Jully Tjindrawan, mengatakan tercatat 2.500 siswa SD dan SMP dari seluruh  wilayah di Jabodetabek yang akan membentuk 800 tim untuk berkompetisi. Robot yang diciptakan merupakan robot pembantu, misalnya saja robot pembersih atau vacum cleaner berukuran kecil dan lain-lain. Para peserta kemudian akan diseleksi dan dipilih 6 tim pemenang, yang terdiri dari 3 tim dari SD dan 3 tim dari SMP yang akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dengan total Rp152 juta. Pengumuman pemenang olimpiade akan digelar pada bulan Desember mendatang.

Sebagai persiapan olimpiade, peserta dibekali dengan Seminar dan Workshop oleh para pakar robotika di Indonesia. Acara juga diisi juga pameran robot, diantaranya Robot Burung dan Exoskeleton Suit dari Universitas Surya. Soccer Robot, Playcard with Albert, Angklung Robot dari Robotic Explorer serta demo 3D Printer buatan Klinik robot. Tidak ketinggalan juga ada penampilan menarik dari penyanyi jebolan ajang Rising Star Indonesia, Hanin Diya.

Documentations


Source

Autotekno   |   Okezone


2 COMMENTS

  1. Saya kagum dengan kehebatan anak-anak kita, mereka bisa membuat robot dengan melakukan berbagai eksperimen. Sebagai orang tua saya sangat mendukung event-event seperti ini agar dapat menjadi media belajar dan berkembang bagi anak-anak kita.

Leave a Reply