Panduan Hidup di Melbourne – part 1

Halo readers

Postingan kali ini akan membahas panduan hidup di kota Melbourne, Australia. Sekedar perkenalan, admin adalah mahasiswa yang sedang berkuliah di University of Melbourne. Jadi mungkin sebagian besar informasi yang tertulis disini akan lebih terkonsentrasi kepada kehidupan mahasiswa.

Pada part 1 ini, topik yang dibahas adalah seputar Makanan, Komunikasi, Internet, dan Transportasi.

Makanan

Mencari makanan halal/Indonesia di Melbourne cukup mudah, apalagi kalau kita tinggal di daerah kota (disini disebut CBD : Central Business District) dan suburb sekitarnya seperti Brunswick, Coburg, South Yarra, Footscray dll. Namun perlu diperhatikan bahwa harga makanan disini cukup mahal, apalagi jika dikonversi ke rupiah. Harganya bervariasi antara $9 – $14 per porsi. Namun nanti lama-lama akan terbiasa, apalagi kalau sudah kangen makanan Indonesia. Kalau untuk mahasiswa seperti admin sih cukup berat untuk makan di luar setiap hari. Oia porsi makanan disini banyak banget. Mungkin karena mengikuti porsi makan bule. Untuk yang cewe sih sepertinya 1 porsi bisa untuk 2x makan.

Menu makanan Indonesia

Masakan di sini bervariasi karena banyak penduduk imigran. Mulai dari masakan India, Vietnam, Timur Tengah sampai Afrika tersedia di sini. Kalau kangen masakan tanah air, beberapa restoran yang menyajikan makanan Indonesia antara lain adalah:

Blok M
Pesona Indonesia
Pondok rempah
Ayam Penyet Ria
Es Teler 77
Jokamz
Noorsia
Nusantara Restaurant
Nelayan
Salero Kito

Menunya cukup lengkap mulai dari ayam goreng, rendang, sayur asem, soto betawi, dan lain-lain. Jika ingin mencoba makanan halal timur tengah juga banyak tersedia disini. Menunya adalah kebab, falafel, gozleme, dan boreks. Masakan lain yang terkenal dikalangan orang Indonesia adalah Nando’s, Ramen Hakata Gensuke di QV dan Nene Chicken (cabang yang halal ada di Melbourne Central) .

Jika ingin mencoba pizza halal, bisa datang ke Eatstreet Pizza di Sydney Road, Brunswick.

Belanja Bahan Makanan

Bahan makanan banyak tersedia di Melbourne. Pilihannya pun bermacam-macam. Biasanya, admin mencari bahan makanan di chainstore (mirip G*ant atau Hyp*rmart kalau di Indo) seperti Coles, Woolsworth dan IGA. Cabangnya ada banyak dan dekat dengan area perumahan. Perlu diingat bahwa di sini tidak ada warung atau toko kelontong yang tinggal “loncat” dari rumah, jadi biasanya sekali belanja setidaknya untuk kebutuhan 1 minggu.

Selain chainstore, pasar tradisional juga ramai dikunjungi. Pasar yang admin tau adalah Queen Victoria Market di CBD, dan pasar-pasar di suburb seperti Brunswick Market dan Footscray Market. Sekedar tips, di Queen Victoria, beberapa jenis hasil laut seperti ikan, udang dan calamari akan di diskon pada jam 2 siang di hari minggu.

Woolsworth supermarket

Untuk yang mencari daging halal, bisa didapatkan di toko Madina. Sedangkan untuk ayam halal di Brunswick Market Poultry dan Pure Poultry di Barkly Square. Jika ingin mencoba makanan olahan, nugget yang halal adalah merk Steggles.


Komunikasi

Komunikasi sekarang sepertinya sudah menjadi kebutuhan utama. Untuk komunikasi via handphone, banyak sekali provider yang tersedia. Mereka adalah

Telstra

Optus

Vodafone

Belong

Amaysim

dll

Kartu sim bisa didapatkan di Chainstores, 7 Eleven maupun di gerai resmi provider tersebut. Beberapa provider juga membuka gerai resmi di bandara, jadi setelah landing bisa langsung beli disana. Paket pulsa di bandara biasanya lebih banyak kuota atau bonusnya. Jadi ada baiknya jika langsung beli di bandara.

Paket pulsa disini biasanya time-based. Misalkan $10 untuk 30 hari. Di dalam paket tersebut sudah termasuk Telepon dan SMS unlimited. Jadi tidak perlu khawatir untuk kehabisan pulsa. Di dalam paket juga sudah tersedia kuota internet yang besarnya bergantung pada harga paket. Lebih lengkapnya ada di bagian Internet di bawah.

Prepaid vs postpaid

Secara umum, paket pulsa disini dibagi menjadi 2 maca, yaitu Prepaid dan Postpaid. Jika memilih prepaid, anda harus membeli paket pulsa baru setelah paket yang lama habis. Biasanya 1 paket memiliki durasi sekitar 28 hari. Jika memilih postpaid, anda akan dikirim tagihan/billing pada saat masa berlaku paketnya habis dan perlu diperbaharui, biasanya setiap 30 hari. Bedanya, di prepaid anda bisa memilih jenis paket yang berbeda2 saat memperbaharui, sedangkan untuk postpaid, paketnya sudah fix dan tidak bisa diganti. Postpaid memiliki sistem kontrak 12 months sampai dengan 24 months. Keuntungannya adalah postpaid menawarkan paket internet yang lebih besar dibandingkan prepaid.

Student discount

Beberapa provider menawarkan diskon untuk pelajar di paket postpaid. Pastikan email student anda aktif untuk bisa mendapatkan promo ini.


Internet

Mobile

Seperti yang dijelaskan diatas, paket pulsa handphone sudah termasuk paket internet. Besarnya kuota tergantung pada harga paket. Misalkan $10 untuk 1 GB. Perlu diperhatikan bahwa besarnya kuota yang tertera di brosur2 terkadang termasuk bonus kuota yang hanya aktif dalam periode tertentu. Misalkan, kuota 35GB tetapi yang 20GB adalah bonus yang berlaku dalam 3 bulan pertama saja. Jadi sebaiknya dicek dulu detail paket yang ditawarkan di website resmi provider tersebut.

Wi-fi

Bagi yang ingin memasang wifi di rumah, jaringan internet yang resmi di Australia adalah NBN (National Broadband Network). Silakan mengecek rumah anda apakah sudah terhubung dengan jaringan NBN atau belum. Tandanya adalah, Connection Box telah terpasang di dalam rumah. Jika belum, silakan hubungi pihak NBN untuk melakukan pemasangan box tersebut.

NBN Connection Box

Setelah Connection Box terpasang, langkah selanjutnya adalah memilih provider internet. Providernya sama seperti provider jaringan telepon: Telstra, Optus, Vodafone, Belong dll. Silakan menghubungi provider yang anda pilih untuk mengkoneksikan jaringan internet. Provider akan menawarkan beberapa pilihan paket dan modem wi-fi.


Transportasi Umum

Untuk urusan transportasi, admin selalu menggunakan kendaraan umum. Melbourne merupakan kota yang sangat maju. Sistem transportasi umumnya jauh lebih nyaman dan aman jika dibandingkan dengan Jekardah. Kendaraan umum yang tersedia meliputi Train, Tram dan Bus. Untuk bisa mengakses kendaraan ini, diperlukan tiket yang disebut dengan Myki Card. Myki bisa didapatkan di Post Office, 7 Eleven dan Myki Vending Machine. Jika kamu tiba di Melbourne via Southern Cross Station, di dalam stasiun terdapat gerai resmi Myki. Harga kartu sekitar $6 dan bisa dipakai berkali-kali.

Myki Card
Myki Money vs Myki Pass

Kartu Myki ini memiliki 2 metode pembayaran, yaitu Myki Money dan Myki Pass. Kedua metode ini bisa tergabung dalam 1 kartu.

Myki Money

Myki money menggunakan sistem top-up saldo. Saldo bisa di isi kapan saja di Post Office, 7 Eleven dan Myki Vending Machine. Biaya transportasi akan ditarik secara otomatis (pengurangan saldo) saat nge-tap kartu di Train, Tram ataupun Bus. Sekali tap, biayanya adalah sebesar $4.40 dan berlaku selama dua jam pertama. Selama dua jam tersebut, anda bebas menggunakan transportasi umum di dalam kota (tidak termasuk kereta VLine). Jika lebih dari 2 jam dan nge-tap kartu lagi, anda akan dikenakan biaya $4.40, jadi totalnya adalah $8.80 dan berlaku untuk sehari penuh (daily cap) . Jadi selama seharian itu, bebas untuk menggunakan kendaraan umum dalam kota. Anda bisa melihat history pemakaian myki di mymyki

Note: untuk weekend, tarifnya lebih murah. Per dua jam hanya $3.20 dan per harinya (daily cap) hanya $6.40.

Myki Pass

Myki pass adalah sistem pembayaran time-based. Biayanya dihitung berdasarkan banyaknya hari yang dipilih. Minimal adalah 7 hari dan maksimal 1 tahun. Saldo akan tetap berkurang walaupun kartu tidak digunakan dalam periode tersebut. Kelebihannya, jika digunakan setiap hari, myki pass lebih murah dibandingkan dengan myki money. Tarif untuk 7 days pass adalah $44. dibandingkan dengan Myki money jika dipakai seharian selama 7 hari, maka tarifnya adalah $8.80 x 7 = $61.60

Important note:

supaya dapat menggunakan Myki Pass, balance pada Myki Money harus lebih dari $0. Jangan sampai $0 atau bahkan minus karena kartu anda tidak akan bisa digunakan walaupun sudah mengisi saldo Myki Pass.

Touch on – touch off

Touch on atau nge-tap kartu diwajibkan disetiap moda transportasi (tram, train dan bus). Khusus untuk touch off, hanya dilakukan pada train dan bus. Tram tidak mewajibkan kita untuk touch off, mungkin pertimbangannya adalah karena bakalan lama dan ngantri kalau semua penumpang harus touch off sebelum turun dari tram.

Registrasi Myki

Registrasi myki sebenarnya tidak diwajibkan. Namun jika kartu myki anda hilang, saldo yang tersisa di kartu tersebut bisa di claim di gerai resmi myki untuk di refund. Agar bisa di claim, kartu harus sudah diregsitrasikan atas nama anda. Jadi sebaiknya langsung registrasi setelah membeli myki. Karena kehilangan kartu myki adalah hal yang lazim terjadi di sini. Registrasi bisa dilakukan secara online di Myki Registration

Auto top-up

Seringkali kita mendapatkan saldo myki sudah habis saat menaiki tram. Sialnya, jika di tram tersebut sedang berlangsung pemeriksaan dari petugas, maka kita akan dikenakan denda karena dianggap tidak membayar tarif transportasi. Dendanya lumayan besar sekitar $200 – $300 dan bagi mahasiswa itu sangat memberatkan. Guna menghindari hal tersebut, tersedia fitur auto top-up yang akan mengisi saldo secara otomatis saat nominal saldo di kartu mencapai limit tertentu. Aktivasi fitur top-up bisa dilakukan secara online di Auto TopUp ataupun di apps android nya di MyPal.

Note: sayang sekali aplikasi MyPal sekarang sudah tidak aktif. Saya akan update jika ada perkembangan terbaru.

Concession Myki Card

Concession Myki adalah kartu yang diperuntukan bagi Child (5 – 18 tahun), Senior citizen, dan undergraduate student.
Harga kartu lebih murah, sekitar $3 dan tarifnya (myki money dan pass) adalah setengahnya dari tarif normal/fullfare. Myki money $2.20 per dua jam dan $4.40 daily cap. Myki pass $22 per minggu. Anak dibawah 5 tahun tidak membutuhkan myki card.

Expired card

Perlu diperhatikan bahwa kartu myki memiliki masa berlaku selama 4 tahun. Kartu tersebut akan expired dan tidak bisa digunakan kembali setelah masa berlaku habis. Sayangnya, informasi masa berlaku myki tidak muncul dilayar saat nge-tap. Klaim dari PTV, notifikasi email bahwa kartu akan expires akan muncul 2 minggu sebelumnya. Hal ini membutuhkan registrasi kartu. So, silakan registrasi kartu anda secepatnya.

Artikel tentang kendaraan pribadi akan ditulis dipostingan berikutnya


Part 2

Kesehatan, Kerja part time, Bank dan Akomodasi

Part 3

Membawa Keluarga, Entertainment, Place of Interest

Jika ada yang punya pengalaman tinggal di Melbourne, masukan ataupun pertanyaan, silakan berikan di kolom komentar dibawah.

Terima kasih


Source

Myki Card | NBN | Pondok Rempah | Optus

Firman Ikhsan

Firman Ikhsan is a mechanical engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.