NIGHT MARKET JAKARTA,.. PKL PUNYA GAWE…

0
423

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka night market khusus PKL dari depan kantor Wapres Jalan Merdeka Selatan hingga Jalan Sabang. Pembukaan itu akan digelar pada tanggal 5 Oktober 2013 mendatang, pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

“Tanggal 5 Oktober diselenggarakan kaki lima night market sepanjang Jalan Merdeka Selatan. Mulai dari samping kantor Wapres, Antara, kemudian antara belok kiri sampai ke Sabang,” ujar Plt Kepala Dinas Energi dan Perindustrian Andi Baso, di Balai Kota Jakarta, Selasa (1/10).

Andi mengatakan ada sekitar 400 PKL binaan Dinas UMKM ikut serta dalam night market tersebut. Yakni, 100 kuliner dan 300 non kuliner. Bagi PKL bukan binaan UMKM, maka langsung menempati lokasi di Jalan Agus Salim, Wisma Antara sampai Sabang.

“300 Non-kuliner, 100 kuliner. PKL binaan Dinas Koperasi dan Perindustrian. Yang PKL bukan binaan langsung akan menempati Jalan Agus Salim, belok kiri Wisma Antara sampai Sabang,” jelas dia.

Menurut Andi, penyelenggaraan night market di Jalan Merdeka Selatan merupakan awal untuk dilakukan setiap pekan di wilayah Jakarta. Sementara anggaran kaki lima night market itu berasal dari CSR, Bank DKI dan Bank BRI. Untuk lapak akan disediakan dari CSR berupa tenda berbentuk kerucut.
“Ada tenda kerucut untuk yang di PKL binaan. PKL bukan binaan, kita siapkan, ada yang menyiapkan gerobak,” ucapnya.

Masakan Betawi, ciri khas Jakarta yang paling utama dalam night market ini. Sebab letaknya tepat di depan Balai Kota. “Nanti ada pojok Betawi di depan Balai Kota. Khusus Betawi. Kerak telor, dan lain-lain. Harga kaki lima rasa bintang lima. Barang Indonesia asli, diseleksi, ada timnya, daftar dan seleksi di sudin, ke dinas,” katanya.

Untuk pembayaran dalam kaki lima night market menggunakan e-money produk dua CSR tersebut. Pembayarannya untuk PKL binaan saja, sedangkan non binaan akan dibayar secara tunai. “Jadi nanti dibayarnya tidak cash. Nanti pakai semacam kartu Brizzi atau e-money. Nanti diisi, disitu ada boothnya, ada ATM dan e-money nya dan bisa dipakai di indomaret, transjakarta, dan lain-lain,” terangnya.

Target pengunjung sekitar 10 ribu. Adapun tujuan kaki lima night market adalah memberi kesempatan pada UKM binaan untuk mengapresiasikan apa yang mereka usahakan selama ini. Sehingga membuka pasar, dan memberikan hiburan juga kepada masyarakat.

Untuk kebersihan, air PAM disediakan untuk tempat cuci tangan. Selain itu, makanan dihidangkan siap saji sehingga tidak ada piring. “Siap saji gak ada piring, sudah disediakan di dalam dus atau mangkuk. Pakai langsung buang, tidak usah ribet-ribet lagi untuk mencuci piring. Panitia menyiapkan wastafel biasa. Ada lesehan, kursi tempat makan,” jelasnya.

Andi menegaskan, Pemprov DKI tak memungut biaya dalam night market tersebut. “Ga ada bayar sewa, sementara belum, semuanya gratis. Retribusi kebersihan juga sementara belum. Nanti ke depan, mudah2an tahun 2014 kita bentuk semacam paguyuban yang mengelola dan punya tanggung jawab kebersihan dan keamanan,” kata Andi.


Source

Kaskus


 

Leave a Reply