Mengenal Apa Itu Tes IELTS

0
214

Salah satu persyaratan utama untuk mendapatkan beasiswa dan melanjutkan kuliah di luar negri adalah memiliki skor tes IELTS. Namun banyak calon peserta tes yang masih belum mengerti mengenai sistem tes dan penilainnya. Artikel ini akan membahas mengenai tes IELTS dan hal-hal lain yang terkait. Untuk tips mendapatkan skor tinggi silakan klik disini.

 

Apa itu IELTS

Menurut Wikipedia, International English Language Testing System disingkat IELTS adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. IELTS sendiri digolongkan dalam dua macam modul ujian yaitu Akademic dan General Training.

Sejak tahun 1989, IELTS dipercaya untuk melakukan tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Lebih dari sejuta tiap tahun orang menggunakan IELTS untuk memasuki dunia yang berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan di 140 negara.

Pelaksanaan IELTS

IELTS memiliki 2 modul, yaitu Academic dan General Training. Jenis Academic ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah setingkat perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris, sedangkan General Training ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan pengalaman kerja atau pelatihan, sekolah menengah atau migrasi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sebaiknya anda memastikan kepada pihak yang anda tuju mengenai jenis tes yang harus diambil.

Tes IELTS memiliki 4 section, secara berurutan adalah Listening, Reading, Writing dan Speaking. 3 sesi pertama yaitu Listening, Reading, Writing dilaksanakan secara serentak pada 1 hari mulai dari jam 9 – 12.30. Sedangkan untuk sesi Speaking, karena setiap peserta akan berhadapan 1 vs 1 dengan Examiner dan memakan banyak waktu, bisa dilaksanankan hari itu juga atau pada hari lain, tergantung banyaknya peserta.

Perbedaan dengan TOEFL

TOEFL yang admin bahas disini adalah hanya TOELF iBT ya. Baik TOEFL iBT dan IELTS keduanya merupakan tes bahasa inggris yang diterima secara internasional. Perbedaannya adalah penyelenggaranya masing-masing merupakan institusi yang berbeda, jadi teknis pelaksanaannya juga beda.

Teknis Pelaksanaan

Sesuai namanya, TOEFL internet Based Test (iBT) dilakukan secara online, jadi peserta berhadapan dengan komputer dan mengerjakan semua soal dengan menggunakan koneksi internet. Sedangkan pada IELTS, peserta menulis jawaban secara manual dengan menggunakan pensil.

Pada tes IELTS, Speaking dilakukan dengan berhadapan langsung dengan Examiner, sedangkan pada TOEFL suara peserta akan direkam oleh komputer dan dikirim secara online.

Sistem Penilaian

Tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum sebanyak 120, dimana setiap bagian (Reading, Listening, Speaking, Writing) masing-masing mempunyai nilai sebanyak 30 yang akan diakumulasikan. Sementara itu tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 1.0-9.0 , yang akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 1.0-9.0

Menurut, Pada umumnya, tes TOEFL diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada, sementara tes IELTS diterima oleh institusi di Australia, Inggris dan Selandia Baru. Namun, sekarang banyak universitas yang menerima kedua tes bahasa inggris tersebut, misalnya banyak universitas Amerika Serikat yang juga menerima tes IELTS. Sebaiknya, cek kembali mengenai syarat khusus yang diminta oleh universitas kamu agar mengambil tes yang tepat. (HotCourses)

Biaya

Biaya yang harus dibayar untuk mengambil tes TOEFL adalah $185 dan untuk IELTS, biaya tes adalah $195. Bagi admin sih itu cuma uang saku harian, haha kidding XD.

Tes nya dimana?

Di Indonesia, pihak resmi yang berhak untuk menyelenggarakan tes IELTS adalah IALF, IDP Education Australia, British Council dan Sun Education. Soal tes nya sama saja dan berlaku secara internasional. IALF berlokasi di lantai 3 Plaza Kuningan, Jakarta Pusat. Sun Education mempunyai banyak cabang di Indonesia. Untuk British Council Jakarta sepengetahuan admin lokasi tes nya berpindah-pindah, saat admin mengikuti tes, lokasinya di Hotel Akmani jakarta (belakang Sarinah).

FYI admin sudah pernah mengikuti tes IELTS sebanyak 2 kali, masing-masing 1 kali di British Institute dan IALF.

Silakan klik website berikut untuk melihat lokasi tes terdekat di kota anda TES IELTS

Berapa biayanya?

Biaya tes IELTS cukup mahal. Biaya pendaftarannya sekitar $195 atau 2,8 – 2,9 juta rupiah saat artikel ini ditulis. Oleh karena itu persiapkan diri anda agar tidak kecewa setelah mengeluarkan uang banyak. Kan rugi banget kalo sampe hasilnya kurang dari persyaratan.

Scoring / Band

Skor pada IELTS ditulis dalam Band X.X yang berkisar dari 1.0 sampai 9.0 . Setiap Section memiliki Band tersendiri yang berkisar mulai dari 1-9 dengan selisih kenaikan nilai 0.5 (contoh nilai: 6.0, 6.5, 7.0, 7.0, dst.) yang kemudian akan dirata-ratakan menjadi OVERALL SCORE.

Yang perlu diperhatikan dari nilai IELTS adalah beberapa universitas meminta nilai spesifik untuk bagian tertentu dan bukan hanya nilai keseluruhan  (minimum band). Sebagai contoh, persyaratan IELTS untuk jurusan yang diambil (Bachelor of Medical Science di University of Melbourne) adalah minimal 7.0, dengan Reading dan Writing minimal 7.0, dan Listening dan Speaking minimal 6.5. Oleh karena itu apabila calon mahasiswa memiliki nilai keseluruhan 7.0 tetapi nilai Writing adalah 6.5, calon mahasiswa tersebut harus mengikuti tes IELTS lagi untuk memenuhi nilai yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh universitas, dalam hal ini untuk memenuhi nilai Writing yaitu 7.0.

Kapan sebaiknya Saya mengikuti tes IELTS?

Nilai tes IELTS berlaku selama 2 tahun, tetapi kadang-kadang beberapa universitas meminta hasil nilai IELTS dalam 1 tahun terakhir, sehingga sebaiknya tes IELTS dilakukan secepatnya 1 tahun sebelum pendaftaran. Salah satu pertimbangan untuk melakukan tes IELTS dari 1 tahun sebelum keberangkatan atau pendaftaran adalah agar kamu lebih tenang dalam mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk pendaftaran seperti application form, recommendation letter, motivation letter, dan hal-hal lainnya.

Selain itu, tes IELTS hanya diadakan sebanyak seminggu sekali umumnya pada hari Sabtu dan hasil IELTS baru keluar kurang lebih 13 hari setelah tes diadakan (biasanya pada hari Jumat; hasil tes dapat dilihat secara online, diambil ke kantor tempat tes IELTS dilakukan, atau dikirim ke rumah). Apabila hasil tes IELTS kamu ternyata belum memenuhi persyaratan, maka kamu harus mendaftar tes IELTS di minggu berikutnya dan terkadang cukup sulit untuk mendapat tempat untuk tes IELTS karena hanya ada beberapa lokasi tes IELTS di Indonesia.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan tes IELTS dari jauh-jauh hari, sebaiknya satu tahun sebelum pendaftaran sebagai safety precaution sehingga rencana untuk mendaftar sekolah atau beasiswa ke luar negeri tidak tertunda karena masalah IELTS. (IM)

Kursus

Bagi kamu yang punya banyak duit silakan mengikuti kursus IELTS yang disediakan oleh beberapa lembaga bahasa seperti Kaplan, IALF, Wallstreet, Sun Education, The British Institute dan BritZone. Ini bukan iklan ya dan admin tidak bertanggung-jawab atas kualitas yang ditawarkan, karena admin sendiri belum pernah mengikuti kursus resmi IELTS (baca: ga punya duit). Dulu pernah mengikuti kursus gratis yang diselenggarakan oleh BritZone, namun karena lokasinya cukup jauh jadi hanya sempat ikut sekali saja. Tapi itu sudah sangat membantu untuk mendapatkan tips-tips selama tes berikutnya.

Referensi Material

Penting sekali untuk mempelajari soal-soal IELTS agar anda terbiasa mengerjakannya. Jika mendaftar di British council, akan mendapatkan free IELTS references yang berlaku selama 10 hari. Namun itu saja belum cukup silakan baca lebih lanjut untuk referensi lain.

Website

Banyak sekali materi dan referensi yang dapat digunakan untuk belajar mengenai soal-soal yang pernah keluar dalam tes IELTS. Beberapa website yang pernah admin pelajari adalah

IeltsEssesntial   IeltsMaterial   IeltsWiz   IeltsSimon   IeltsAdvantage

Ebook

Untuk ebook admin merekomendasikan buku yang diterbitkan oleh Cambridge, yang mana merupakan lembaga resmi pembuat soal IELTS. Kalo mau baca buku yang lain juga silakan. Ada banyak sekali yang bisa dijadikan referensi seperti Longmann dan Barron.

Link donwload Ebook

Cambridge Official

Cambridge 1 – 10

Cambridge 11

Silakan membaca mengenai Tips IELTS pada artikel berikut ini (under construction).


Source

IELTS   |   EF   |   Hotcourses   |   Wikipedia   |   IndonesiaMengglobal

SlidePlayer   |   IELTSLiz

 

 

 

LEAVE A REPLY