Foley Artist Sang Maestro Sound Effect Dibalik Sebuah Film

0
479

Foley Artist adalah suatu proses pembuatan audio untuk membuat suara-suara yang ada dalam suatu film jadi lebih detail. Contoh suara langkah kaki, pintu, gesekan kain, atau pukulan pas lagi adegan berantem. Nah semua itu didubbing lagi di studio foley dan cukup memakan waktu yang lama. Orang yang pertama kali menerapkan cara ini dalam sebuah Film adalah Jack Donovan Foley (1891-1967).

Dalam sebuah proses pembuatan film terutama dalam urusan suara dan sound effect, dibutuhkan peran seorang foley artist. Tugas mereka 100% membuat berbagai macam jenis efek suara sesuai kebutuhan agar menjadi tampak lebih realistis.

cool-jobs-foley-artist

Dalam sebuah adegan film kita mendengar suara derap langkah kaki kuda, suara kaca pecah, suara kereta api, atau suara pintu dibanting. Maka seorang foley artist akan membuat suara tiruan dengan memanfaatkan barang barang tertentu agar tercipta efek suara seperti yang diharapkan.

Video Cara Kerja Seorang Foley Artis

Di video tersebut Cami Alys seorang Foley Artist akan mempertunjukan bagaimana suara kereta api dibuat, dan kamu benar benar tidak akan menyangka bagaimana dia melakukannya.

 

Dan yang lebih sulit lagi sebetulnya ada pada adegan di bawah ini. Kenapa? Padahal ini bukan adegan perang atau sesuatu yang spektakuler. Ini hanya soal aktivitas sehari hari.

 

Atau kalau kamu mau lihat seperti apa mereka membuat berbagai efek suara tembakan. Ini videonya

 

 


Source

Kaskus   |   Wikipedia   |   Nuraypictures


 

LEAVE A REPLY