Cara Parkir Mobil yang Baik dan Benar

4
8504

Cara parkir mobil yang baik dan benar merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh para pengemudi mobil. Ketidakwaspadaan saat memarkir mobil bisa mengakibatkan terjadi kerusakan dan kerugian pada mobil. Sehingga sebuah teknik dan cara parkir mobil yang terbaik bisa dilakukan. Perlu juga diperhatikan agar tehindar dari segala kemungkinan yang mengakibatkan kerusakan mobil saat diparkir.

Cara dan teknik parkir mobil yang jitu untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan karena ketidaksempurnaan dalam parkir mobil terdapat pada tips parkir mobil berikut ini, tips parkir mobil berikut ini bisa dilakukan untuk menghindari dari beberapa kemungkinan yang terjadi akibat salah parkir.

Mobil

 

Cara dan teknik parkir mobil sebagai berikut :

  • Parkir di sisi jalan, Saat anda mengemudi di sebuah daerah yang ramai usahakan parkir di sisi jalan yang sekiranya tidak menganggu kendaraan lain, sehingga aman dari kemungkina tertabrak mobil lain terutama saat malam hari.
  • Jika di tempat parkir, berikan lebih banyak ruang kosong untuk jarak antar mobil dengan mobil lain. Untuk menghindari tabrakan atau goresan akibat berdekatan dengan mobil lain saat hendak mengeluarkan mobil hingga terjadi sedikit gesekan pada kendaraan lain.
  • Gunakan semaksimal mungkin spion mobil, Untuk memantau keadaan sekitar dari samping kiri kanan dan belakang. Agar terhindar dari kemungkinan ada mobil lain di sekitar anda.
  • Jangan berhenti mendadak, saat sedang mencari tempat parkir mobil anda berhenti mendadak memungkinkan mobil yang kita kendarai bisa jadi tertubruk mobil lain dan mengemudi perlahan untuk mencari tempat parkir yang tepat sangat disarankan.
  • Saat Parkir di basement Hypermarket hindari troli, perhatikan tempat parkir anda dan pastikan disitu tidak terdapat jalan troli yang bisa mengakibatkan goresan pada mobil anda.
  • Buka Jendela mobil saat diarea parkir dan matikan radio tape atau musik yang ada di mobil anda untuk lebih konsentrasi serta mendengarkan sesuatu di sekeliling anda sebelum sempat melihatnya.

Pada dasarnya parkir adalah mencari tempat yang tepat dengan kesesuaian ukuran mobil anda. Sehingga carilah tempat yang sekiranya benar-benar tepat untuk memarkir mobil. Jangan tergesa-gesa dalam memilih tempat parkir mobil hanya karena ada mobil di belakang anda itu bukan alasan utama anda segera memarkir mobil tapi lebih utamakan tempat parkir mobil yang terbaik untuk mobil anda.


Parkir Ngawur

Ini dia permasalahannya Gan
 
 
 
 
Foto di atas memperlihatkan mobil tidak parkir di marka yang ada, hal ini merugikan pengguna area parkir lainnya, karena tempat parkirnya tersita oleh mobil tersebut.
 
Pertumbuhan angka kepemilikan mobil pribadi terus meningkat, kemacetan lalu-lintas makin merata di jalan-jalan saat jam sibuk. Begitu juga dengan masalah ruang parkir. Area parkir publik diatur sedemikian rupa dengan marka agar mobil diparkir dengan baik dan tertib. Memarkir mobil ada aturannya, kita harus mematuhi marka yang ada di area parkir.

Bagaimana Parkir yang Baik dan Benar ?

Cara Parkir Berjajar 


Gunakan lampu sen (sign) saat akan memarkir di tempat yang dituju.
Setelah kondisi aman, pastikan tidak ada yang melintas.
 
 

Cara Parkir Serong / Miring 

Gunakan lampu sen (sign) saat akan memarkir di tempat yang dituju.
Setelah kondisi aman, pastikan tidak ada yang melintas.
 
 

Cara Parkir Paralel

Parkir paralel adalah posisi parkir yang dianggap cukup sulit untuk melakukannya oleh sebagian orang. Perlu trik khusus dan latihan untuk dapat melakukannya dengan lancar dan baik.


Perkirakan bahwa ruang untuk parkir lebih besar dari ukuran panjang mobil kita, majukan mobil hingga sejajar dengan mobil yang parkir tersebut.
Usahakan ada jarak sekitar satu meter dari mobil yang parkir dengan mobil kita.
 

Masukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir.
Mundurkan perlahan.. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir.
 
 
Saat posisi mobil sudah miring/diagonal 45 derajat, luruskan setir sambil mundur perlahan.
 
 
Ketika hampir mendekati trotoar, putar balik setir ke arah luar, sambil mundur perlahan.
 
 
Pindahkan ke gigi 1 atau D (untuk transmisi otomatis), belokkan setir ke sisi dalam untuk meluruskan posisi mobil.
 
 
Bila perlu.. mundurkan kembali mobil hingga antara mobil depan dan mobil belakang sama jaraknya.

Video Parkir

Ini ada video nya Gan  

 

 


Cara Parkir di Tanjakan

Jangan anggap remeh parkir di tanjakan, kemungkinan rem tangan bermasalah bisa saja terjadi pada mobil kita. Agar mobil tidak meluncur ke tengah jalan, maka ikuti tips ini.

 

 

 


 

Cara Parkir di Turunan

 

Sama seperti parkir di tanjakan, kemungkinan rem tangan bermasalah bisa saja terjadi pada mobil kita. Agar mobil tidak meluncur ke tengah jalan, maka ikuti tips ini.

 

Kalo soal tanjakan dan turunan, masukin gigi yang berlawanan ama posisi aja.
Takut mundur : masukin gigi 1
Takut maju, masukin gigi mundur…masih takut juga??
Bawa potongan balok gan di mobil

Tambahan tips, kalo mau hidupin mobil, tahan kopling ato cek gigi dulu. takut kelupaan, eh lompat

 

 

Tambahan gan 

Parkir di tanjakan dan turunan untuk mobil transmisi manual :

  • Jika parkir di tanjakan REM tangan bermasalah gak perlu khawatir, masukan tranmisi ke posisi “1”
  • Jika parkir di turunan REM tangan bermasalah gak perlu khawatir, masukan transmisi ke posisi “R” (mundur) silahkan di coba gan
 
Parkir di Mall
Walaupun bukan tentang parkir sih, Agan2 pernah parkir di mal? Pasti pernah kan. Kebanyakan mall kan banyak tanjakan untuk naik ke lantai atas selanjutnya.
Pengalaman ane newbie dulu, pas mall lagi rame.. eehh pas ngantrinya di tanjakan itu. Alhasil….keringat dingin! ane mau kasih tips apbila mobil agan berhenti di tanjakkan.
Rata-rata orang yang belum dapet feel sama mobilnya ketika ada di posisi ini, pasti otomatis menahan rem kaki ketika antrian maju, bingung dah tuh kaki kalo lepas rem kaki pasti ngegelundung kebelakang. Yang ada mobil glundung trus nabrak yang belakang. Panik dah bingung bingung.. mau nyalain mobil, mesin mati. Padahal gan kita bisa pake yang namanya HANDBRAKE alias rem tangan
Caranya adalah:
  1. Pada saat antrian di tanjakan, segera rem tangan lalu netralkan gigi. Mobil akan tertahan oleh rem tangan, jadi agan bisa santai ga perlu capek2 kaki injek rem kaki
  2. Pada saat antrian mulai maju, agan dsini harus bermain feel, terutama kopling mobil agan, setiap mobil berbeda  tingkat kedalaman penginjakan koplingnya.
  3. Injak koplingnya, masukkan gigi 1, sembari melepas kopling, tangan kiri agan jaga smbil melepas rem tangan. Sinkronkan antara lepas kopling dan lepas rem tangan, kalo feelnya salah mobil pasti mati.
  4. Apabila setelah melakukan cara diatas tapi mesin mobil malah mati, lakukan lagi cara diatas dan dijamin dengan cara ini mobil tidak akan menggelundung ke belakang dan nabrak mobil belakangnya hehe.
 
Yang terpenting adalah JANGAN PANIK!
 

Sumber


4 COMMENTS

LEAVE A REPLY