Beberapa Hal Yang Patut Kamu Coba Sebelum Usia 30

0
729

30 tahun sepertinya udah nggak termasuk golongan usia muda lagi kan guys? Saat usia kamu udah menginjak kepala tiga, pasti akan semakin banyak hal yang bakal kamu hadapi. Banyak tuntutan dan tanggung jawab yang harus kamu lakuin. Selain itu, secara nggak sadar kemampuan dan kesehatan tubuhmu telah mengalami banyak perubahan. Nah, makanya sebelum usia 30 tahun, coba deh kamu lakuin 30 hal seru ini!

1. Ikut Lomba Lari Marathonan

 

Nggak ada salahnya kamu ikutan lomba lari marathon. Ya namanya juga lari, pasti capek sih. Jangan dilihat dari capeknya aja guys, ikutan event seperti ini bisa bikin kamu lebih fresh lagi. Dan yang penting kamu bisa ngerasain gimana euforianya lari bareng-bareng orang yang nggak kamu kenal.

Di Indonesia sendiri tahun 2014 banyak banget event marathon yang bakal digelar, seperti The Jakarta Marathon 2014Bromo MarathonBali Marathon dan masih banyak lagi.

2. Traveling Ke Tempat Wisata Yang Nggak Banyak Orang Tau

 

Selama hidupmu, pasti kamu pernah dong traveling? Tapi sebelum usiamu berkepala tiga, sesekali kamu harus nyobain traveling ke tempat yang belum banyak orang tahu. Traveling ke tempat-tempat wisata yang belum terlalu mainstream bakal bikin kamu puas banget. Karena pastinya tempat itu masih alami dan terjaga keasliannya.

3. Nonton Festival Musik Bergengsi

 

 

Kalau kamu biasanya nonton konser cuma dari TV atau youtube doang, kamu wajib nyobain nonton konser musik besar yang ada di dalam negeri atau luar negeri. Selain kamu bisa lihat langsung penyanyi aslinya, disana kamu bisa bebas bernyanyi sambil teriak tanpa takut ngeganggu orang lain.

4. Berenang Di Alam Bebas

 

Berenang di kolam renang itu udah biasa banget. Kamu cuma dateng, nyemplung dan berenang, setelah itu pulang. Beda halnya kalau kamu berenang di alam bebas, kamu bisa berenang sekaligus dapat bonus pemandangan yang keren. Kamu bisa cobai berenang di sungai yang ada air terjunnya, atau berenang di danau jernih yang dikelilingi oleh hutan lindung yang masih terjaga kealamiannya.

5. Makan Di Restoran Terkenal Dan Termahal

 

“Ngapain buang-buang duit cuma buat makan makanan mahal?” Mungkin sebagian besar orang berpendapat seperti itu. Tapi nggak ada salahnya kan kita cobain sesuatu yang berbeda dan mungkin sedikit diluar dugaanmu sendiri. Kamu percaya nggak dengan istilah “Harga nggak pernah bohong”? Kalau kamu percaya, kamu harus coba makan di restoran mahal dan pesan menu terbaik mereka!

6. Undang Teman-Teman Untuk Makan Masakanmu

 

Gelar pesta kecil-kecilan bareng teman-temanmu. Dan suguhkan mereka dengan masakan-masakan andalanmu sendiri. Mungkin terdengar terlalu merepotkan, tapi kamu akan merasakan sebuah kepuasan tersendiri. Kamu pasti akan senang melihat teman-temanmu datang ke acaramu, makan masakanmu sendiri, dan mereka sangat menikmatinya.

7. Test Drive Mobil Idamanmu

 

Yang namanya mobil idaman, biasanya sih mobil-mobil yang super keren yang harganya selangit, iya nggak? Kalau kamu pengen punya mobil-mobil sport kaya koleksi-koleksi mobilnya CristianoRonaldo, tapi kamu nggak punya cukup uang untuk membelinya. Cara tercepat untuk merealisasikannya adalah cukup dengan test driving dan membayangkan mobil itu adalah milikmu.

8. Karaoke Sepuasnya Tanpa Malu-Malu Meski Suaramu Jelek

 

Di usiamu yang 30 tahun nanti, mungkin kamu nggak akan punya banyak waktu untuk meluangkan waktu berkaraoke. Apalagi kalau kamu sudah punya anak, nggak mungkin kamu bisa bernyanyi sambil berteriak-teriak dan berjoget seperti orang gila di depan anakmu kan?

9. Nonton Event Kebudayaan Di Negara Lain

 

Di Indonesia nggak kurang pesta kebudayaan yang diselenggarakan tiap tahunnya. Tapi, kamu juga harus nyobain untuk lihat pesta kebudayaan di negara-negara lainnya, seperti festival songkran di Thailand,Festival Sapporo Yuki di Jepang, dan Karnaval Rio di Brazilia.

10. Melihat Fenomena Alam Yang Langka

 

Sebelum usia 30 tahun, sempatkan untuk melihat fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Seperti hujan meteor, aurora, dan masih banyak lagi. Seperti yang kita tahu, fenomena-fenomena alam seperti itu terjadi hingga puluhan sampai ratusan tahun lagi. Jadi, jika kamu masih punya kesempatan melihatnya, tunggu apa lagi?

11. Apapun Yang Menguji Adrenalinmu

 

Laukan hal-hal ekstrim yang menguji adrenalin kamu, seperti bungee jumpingskydiving, atau paragliding. Ketika kamu udah 30 tahun, belum tentu kesehatanmu mau berkompromi denganmu untuk melakukan hal-hal yang mampu membuat jantungmu berdegup kencang.

12. Rayakan Ulang Tahunmu Semeriah Mungkin

 

Mungkin terakhir kali kamu merayakan ulang tahunmu secara meriah ketika kamu masih duduk di bangku sekolah dasar. Tidak ada salahnya kamu ulangi masa-masa kebahagian itu. Undanglah teman-temanmu, dan rayakan pesta di sebuah tempat yang bisa membuat hari spesialmu itu semakin meriah.

13. Mendaki Gunung

Mendaki gunung

Kamu nggak harus mendaki Gunung Semeru, Puncak jaya Wijaya ataupun Gunung Everest kok. Kamu bisa mendaki gunung-gunung yang berskala pemula. Kenapa kamu harus nyobain mendaki gunung? karena di usia yang masih muda, kamu masih punya cukup banyak stamina untuk mendaki gunung. Dan mendaki gunung dapat melatih mental dan stamina kamu. Pati banyak pengalaman yang bisa kamu dapaetin.

14. Belajar Menjadi Barista

Belajar menjadi barista

Coba deh belajar jadi seorang barista. Menjadi seorang barista akan membuatmu memiliki keahlian meracik dan menyuguhkan kopi. Seperti yang kita tahu, banyak sekali penggemar kopi di dunia ini. Keterampilan dan keahlianmu bisa membuatmu mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan teman baru. Atau mungkin ini akan menjadi profesimu di masa depan.

15. Menyelam Atau Snorkeling Di Laut Eksotik

Cobalah untuk scuba diving atau snorkeling

Kamu bosan dengan kehidupan di daratan yang setiap hari kamu temui? Berati kamu harus mencoba menyelam di sebuah taman laut. Kalau kamu takut untuk menyelam, setidaknya kamu berani untuk mencoba snorkeling. Lihat dan nikmati pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Bermain-main bersama ikan dan melihat terumbu karang yang berwarna warni.

16. Traveling Seorang Diri

Traveling sendirian

Bepergian sendiri mungkin terdengar menyeramkan. Banyak hal-hal yang mungkin membuat kamu takut, seperti tersesat, ditipu orang, atau mungkin takut nggak seru. Kalau kamu nggak nyobain, kamu nggak akan bisa tahu gimana serunya traveling sendirian. Selain traveling, kamu bisa belajar mandiri dan melatih keberanianmu loh.

17. Makan Makanan Yang Ekstrim!

Cicipi makanan yang bikin keningmu mengerut

Kamu juga patut mencicipi makanan yang bisa bikin kening kamu mengerut. Seperti belalang, jangkrik atau ulat gorang yang terkenal dari Thailand. Atau juga bisa mencoba makan makanan super pedas yang bisa bikin lidah kamu terbakar.

18. Belajar Bahasa Lain, Kalau Perlu Ikut Kursus

Belajar bahasa asing

Mungkin kamu nggak akan pernah terpikir untuk mempelajari bahasa lain selain bahasa indonesia atau inggris. Tapi ada baiknya kamu coba untuk mempelajari bahasa-bahasa lain seperti mandarin, jepang, korea, perancis atau jerman. Kalau kamu bisa punya keterampilan berbahasa asing, banyak banget loh keuntungan yang bisa kamu dapat.

19. Berkemah Di Alam Bebas

Berkemah di alam bebas

Kalau kamu dulu pernah ikutan ekstrakurikuler pramuka di sekolah, atau kamu adalah anggota pecinta alam di kampus, kamu pasti udah sering banget berkemah di alam bebas. Berkemah bisa ngasih kamu pengalaman yang  mengesankan. Kamu bisa merasakan bagaimana rasanya hidup di alam bebas. Tidur beralaskan tikar dan beratapkan tenda, pastinya sebuah pengalaman yang harus dicoba.

20. Ikut Komunitas Olahraga Yang Kamu Suka

Ikut komunitas olahraga favoritmu

Gabunglah dengan komunitas-komunitas olahraga favorit kamu. dengan begitu kamu akan memiliki kegiatan baru di luar rutinitas kamu yang bisa melepas penat. Ikutan kegiatan dengan komunitas olahraga bisa bikin kamu rutin berolahraga juga loh.

21. Belilah Barang Yang Menurutmu Mahal

 

Belilah barang yang mahal

Selama ini kamu biasa berbelanja barang-barang yang murah meriah, bahkan kalau perlu kamu membeli barang-barang bekas yang masih layak pakai. Kalau begitu kamu wajib banget sesekali membeli barang yang menurutmu itu mewah dan mahal, tapi bisa kamu gunakan sampai beberapa tahun ke depan. Seperti keperluan kerja atau gadget yang harganya mahal, karena yang mahal biasanya awet dan tahan lama.

22. Jadilah Relawan

jadilah relawan

Pernah kepikiran nggak untuk menjadi seorang relawan? Menjadi seorang relawan akan menunbuhkan sifat sosial dan empatimu. Tidak harus menjadi relawan di daerah konflik perang atau bencana alam, kamu bisa coba ikut berkontribusi di sebuah organisasi sosial. Apapun yang kamu lakukan, bisa bermanfaat bagi kamu sendiri dan orang lain.

23. Lamar Pekerjaan Impianmu

Apply pekerjaan impianmu

Kalau kamu belum pernah merasakan bagaimana bekerja di tempat yang kamu impikan, kamu harus segera mencoba melamarnya. Sebelum usia 30 tahun, tentunya kesempatan untuk melamar pekerjaan  di sebuah perusahaan masih terbuka lebar.

24.  Arung Jeram

 

Arung jeram adalah kegiatan  seru lain yang wajib kamu coba. Brjibaku dengan air di sepanjang aliran sungai yang deras, akan membuatmu tertantang. Ditambah lagi kau melakukannya bersama teman-teman dekatmu, pasti seru banget.

25. Traveling Ke Beberapa Negara

 

Jangan ketinggalan juga untuk nyobain traveling dari satu negara ke negara yang lain. Dalam sekali perjalanan kamu bisa menjelajahi beberapa negara sekaligus. Menikmati pemandangan, dan melihat kebudayaan-kebudayaan unik di setiap negara. Kamu bisa mencoba traveling di negara-negara asia tenggara, seperti malaysia, kamboja, laos, vietnam, dan myanmar.

26. Tonton Pertandingan Olahraga Bergengsi

 

Euforia yang terjadi saat menonton sebuah event olahraga biasa dengan event olahraga yang bergengsi pasti berbeda banget. Sesekali, rencanakan utnuk menonton sebuah event olahraga besar yang bergengsi seperti World Cup, Olimpiade, atau Piala AFF.

27. Ambil Kursus Yang Nggak Pernah Kepikiran Olehmu

 

Ambillah kursus yang nggak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya, yang benar-benar tidak berhubungan dengan hobimu. Seperti kursus membuat patung, menggambar karikatur, dan masih banyak lagi. Keterampilan yang kamu peroleh dari kursus tersebut, bisa kamu manfaatkan suatu hari nanti.

28. Ikut Berpetualang Dengan Sebuah Komunitas

 

Kalau kamu punya banyak teman tapi mereka bukanlah tipe orang-orang yang suka berpetualang, sebaiknya kamu mencari komunitas bacpacker atau pecinta alam. Dengan bergabung bersama mereka, kamu bisa dapet teman baru yang pastinya bakal ngejagain kamu dan ngajarin kamu tentang hal-hal yang baru juga.

29. Tersesat Di Negara Orang

 

Jangan buru-buru panik kalau kamu sedang tersesat, apalagi kamu lagi jalan-jalan di negara orang. Yang kamu lakukan adalah tetap tenangm dan nikmati momen tersesatmu itu. Terkadang, tersesat adalah bagian paling seru saat kamu sedang traveling. Hal-hal spontan seperti itu justru akan membuat pengalamanmu mwnjadi tak terlupakan.

30. Lupakan Rutinitas Sejenak

 

 

Sediakan waktusekitar sehari atau mungkin sampai satu minggu lamanya untuk dirimu sendiri. Pergunakan waktumu untuk melupakan segala kepenatan dari rutinitasmu. Biasanya sih orang-orang menyebutnya dengan istilah “Me Time“. Kamu bisa bermalas-malasan, melakukan hal-hal yang hanya kamu sukai saja. Hal ini cukup membantumu untuk me-refresh otak.

 

Menurut orang Indonesia, seseorang yang berusia 30 tahun itu sudah dianggap tua. Dan pastinya, di usia tersebut kebanyakan orang sudah dituntut untuk berkeluarga. Oleh karena itu, ada baiknya kamu lakukan hal-hal yang bisa membuatmu menambah pengalaman berharga yang belum tentu bisa kamu lakukan ketika kamu berusia 30 tahun.

So, Have Fun :))


 

Sumber

GGArea

LEAVE A REPLY