7 Bisnis Sampingan dengan Modal Minim

0
160

Punya bisnis sendiri bisa menjadi solusi keuangan di masa depan. Dengan mempunyai usaha sendiri, kamu nggak akan selamanya bergantung pada penghasilan dari kantor. Selain bisa memberikan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin tambah banyak, mulai membuka usaha sendiri juga akan mengasah daya kreatifmu untuk melihat peluang.

Tapi seringnya untuk membuat usaha sendiri, kamu mengkhawatirkan modal usaha yang nggak tahu dari mana. Tentunya usaha sendiri membutuhkan modal yang besar bukan? Ternyata nggak begitu juga kok. Banyak usaha-usaha yang bisa kamu mulai dengan modal yang minim tapi prospeknya bagus dan bila ditekuni bisa membawamu menjadi pengusaha yang sesungguhnya. Apa aja? Cekidot!

1. Bisnis online shop nggak butuh modal besar untuk dimulai. Bahkan bisa tanpa modal kalau kamu mengawalinya dengan sistem dropship

bisnis online shop

Bisnis online shop memang sedang populer via markapardo.com

Di era digital ini, apa-apa bisa diperoleh lewat internet. Belanja baju, sepatu, sampai kebutuhan sehari-hari, kamu nggak harus keluar rumah. Tinggal klik-klik saja dari rumah. Online shop adalah salah satu bisnis sampingan yang bisa kamu mulai dari sekarang. Modalnya nggak besar. Bahkan kalau kamu memakai system dropship, kamu hanya modal uang untuk mengisi paket data. Karena bisnis online shop sudah menjadi bisnis yang banyak dilakukan orang, kamu harus menemukan produk yang unik. Misalnya, kamu mencari produk homemade untuk kamu bantu pasarkan via online shop-mu.

2. Angkringan atau kuliner gerobak bisa menjadi alternatif usaha. Kerahkan seluruh daya kreatifmu untuk membuat produk baru

Angkringan yang banyak diminati via www.jitunews.com

Salah satu bisnis yang modalnya kecil dengan keuntungan besar adalah usaha kuliner. Rata-rata, usaha kuliner punya keuntungan 30-40% dari modal awal. Bisnis angkringan adalah salah satu yang bisa kamu coba. Untuk modal angkringan sederhana rata-rata 4-5 juta, sudah termasuk tempat berjualan. Dari bisnis angkringan, kamu bisa mengembangkan ke bisnis lainnya seperti jualan pulsa, rokok, ataupun bensin eceran. Bisnis kuliner lain yang bisa kamu coba adalah kuliner gerobak. Kamu pasti sering melihat tukang kue cubit dengan gerobak di pinggir jalan. Nah, kamu bisa mengambil peluang dengan menciptakan kreasi-kreasi baru dari kue cubit yang mungkin menarik pelanggan. Untuk kuliner gerobak ini, modal yang kamu butuhkan cukup lumayan, antara 5-6 juta.

3. Kalau kamu suka membuat produk handmade untuk dipakai sendiri, kenapa nggak sekalian dipasarkan agar bisa menghasilkan uang?

Barang handmade punya keunikan tersendiri via bisnissampingan007.blogspot.co.id

Di luar produk-produk impor, produk handmade selalu punya daya tarik tersendiri. Kamu yang punya keterampilan dan hobi membuat produk-produk handmade, kenapa nggak mencoba untuk menjadikannya uang? Pertama-tama kamu mungkin bisa menawarkan kepada teman-temanmu. Atau kamu bisa juga memasarkan produkmu di toko-toko online yang sekarang sudah menjamur keberadaannya. Produk-produk handmade memiliki keunikan yang membuatnya selalu dilirik. Siapa tahu nanti kamu bisa punya brand sendiri.

4. Kamu juga bisa membuka lembaga guru privat. Modalnya nggak banyak, hanya bikin selebaran dan mencari guru sebanyak-banyaknya

Membuat lembaga guru privat via news.psu.edu

Kalau dulu saat mahasiswa kamu sering menjadi guru privat, sekarang saatnya kamu membuat tempat pencarian guru privat. Di kota-kota besar, kebutuhan siswa pada tambahan belajar sangat tinggi. Bukan hanya les di tempat bimbingan belajar, mereka juga menyukai les privat dengan guru datang ke rumah. Ini bisa menjadi peluang yang bagus. Kamu hanya harus menyiapkan banyak stok guru yang bisa mengajar, membuat iklan sederhana di selebaran, atau iklan melalui media sosial. Nah, dengan begini kamu sudah bisa punya lembaga bimbingan belajarmu sendiri.

5. Motor di rumah nggak terpakai karena kamu lebih suka kendaraan umum? Udah, sewain aja! Ajak teman untuk join modal membuka rental motor

Rental motor nggak pernah sepi peminat via peluangusahabisnisbaru.blogspot.co.id

Kalau kamu tinggal di kota besar yang tingkat kemacetan tinggi, kamu akan malas memakai kendaraanmu sendiri dan memilih untuk menggunakan kendaraan umum yang cepat seperti kereta. Nah, sementara motormu nganggur, kamu bisa membuka rental motor. Kalau motornya cuma satu, memang susah. Karena itu ajaklah temanmu untuk bergabung. Dengan 2-3 motor, kamu sudah bisa membuka rental motor yang menjanjikan kok. Hal ini juga berpeluang besar kalau kamu tinggal di sekitar lokasi wisata. Wisatawan dari jauh yang datang pasti membutuhkan kendaraan bukan?

6. Kalau kamu jago desain, bukalah jasa pembuatan desain. Buat awal usaha, kamu bisa bermitra dengan percetakan yang sudah ada

Bisnis design juga menjanjikan! via bengkelprint.com

Selain untuk kesenangan, hobi juga bisa menjadi uang lho. Misalnya saja kamu hobi mendesain, dan kualitas desainmu memang sudah diakui teman-temanmu. Daripada kamu anggurkan dan jadi terlupakan karena kamu sibuk kerja, lebih baik hobimu disalurkan menjadi usaha. Kamu bisa membuka jasa desain. Mulai kaos, spanduk, selebaran, atau desain apapun yang kamu kuasai.

Modalnya mahal dong, kan harus punya mesin cetak sendiri? Masalah itu bisa disiasati dengan menjalin kerjasama dengan percetakan yang sudah ada. Pelan-pelan saja, namanya juga usaha.

7. Kalau modalmu agak lumayan, kamu bisa membuka usaha laundry, yang semakin lama semakin terlihat menjanjikan

Meski sederhana, usaha laundry ini prospek ke depannya sungguh luar biasa. Karena semakin lama, orang semakin disibukkan dengan pekerjaan, dan malas mencuci pakaian sendiri karena waktunya lebih baik dipakai untuk istirahat. Kalau kamu punya mesin cuci di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan uang. Tapi laundry bukan hanya baju lho. Biar beda, kamu bisa membuka jasa laundry yang lain seperti sepatu, tas, atau boneka.

Modalnya memang cukup lumayan. Kalau kamu ingin mesin cuci yang benar-benar untuk laundry, kamu harus merogoh kocek 7-10 juta. Untuk mesin cuci sepatu, kamu harus merogoh kocek 5-6 juta. Tapi kalau modalmu lumayan, usaha laundry bisa jadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Memulai usaha nggak harus langsung besar. Kecil-kecil saja dulu, nikmati proses belajarnya, lama-kelamaan usahamu bisa berkembang juga. Kalau kamu merasa belum mampu untuk memulai sendirian, kamu bisa join modal dengan temanmu. Yang penting kamu jeli melihat peluang, dan berani memanfaatkan setiap kesempatan.

 


Source

Hipwee


 

Leave a Reply